IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MUFRODATUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA MTS DARUSSALAM

Sebuah Kajian Strategi Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab

  • Habib Bawafi, Lutfi Al Ashfiyah

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah dalam naungan Departemen Agama Islam. MTs Darussalam merupakan salah satu di antaranya. Di sekolah ini khususnya di kelas VIII ICP menerapkan strategi pembelajaran mufrodatdalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan strategi pembelajaran mufrodat di kelas tersebut, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Secara teoritis kajian ini mengetahui bentuk penerapan strategi pembelajaran mufrodat dalam belajar Bahasa Arab dikelas VIII ICP MTs Darussalam serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan secara praktis, kajian ini sebagai salah satu solusi strategi pembelajaranyang dapat diterapkan kepada peserta didik. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif deskripstif yaitu proses penelitian untuk menghasilkan data-data yang akurat melalui tulisan maupun lisan seseorang yang berada ditempat penelitian. Hasil penelitian yakni guru merapkan metode campuran diantaranya metode mubasyarah, metode qawaid wa tarjamahdan metode qira’ah. Adapun faktor pendukung dari proses penerapan strategi ini adalah media, dalam hal ini guru menggunakan media berupa buku dari pondokpesantren Gontor dan Dalwa Bangil serta LKS. Sedangkan untuk faktor yang menghambat proses pembelajaran Bahasa Arab sendiri adalah minat siswa, kemampuan guru dalam menyampaikan materi juga terkait kualitasmateri yang akan disampaikan.

Published
2020-11-30
Section
Articles