DINAMIKA METODE ISTIMBATH AHKAM LEMBAGA BAHTSUL MASAIL NU

  • Habib Bawafi

Abstract

Lembaga Bahtsul Masail NU adalah salah satu forum keagamaan dalam organisasi NU yang tujuannya untuk merespon dan memberikan solusi atas problematika aktual yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Dalam lembaga
ini penentuan suatu hukum Islam terjadi perdebatan di kalangan anggota, hal ini menunjukkan demokrasi dalam berpendapat yang tentunya didasari dari kitab-kitab muktabaroh. Tujuannya untuk mencari yang terkuat dari berbagai pendapat.
Dinamika metode Istimbath Ahkam pada lembaga Bahtsul Masail NU nampak pada prosedur penjawaban masalah dalam Bahtsul Masail Diniyah di lingkungan Nahdlatul Ulama telah diputuskan dalam musyawarah ulama di Bandar Lampung tahun 1992 yang secara singkat disusun sebagai berikut:

  1. Dalam kasus ketika jawaban bisa dicukupi oleh ibarat kitab dan di sana hanya terdapat satu qoul/wajah maka dipakailah qoul/wajah tersebut sebagaimana dalam ibarat kitab.
  2. Dalam kasus ketika bisa dicukupi oleh ibarat kitab dan di sana terdapat lebih dari satu qoul/wajah maka dilakukan Taqrir jama’iy untuk memilih satu qoul/wajah.
  3. Dalam kasus tidak ada wajah sama sekali yang memberikan penyelesaian maka dilakukan prosedur Ilhaqul Masail Binadhohiriha secara jama’iy oleh para ahlinya.
  4. Dalam kasus tidak ada qoul atau wajah sama sekali dan tidak mungkin dilakukan ilhaq, maka bisa dilakukan istimbath jama’i dengan prosedur bermadzhab secara manhaji oleh para ahlinya.
Published
2019-09-03