PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN MANDIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH JINGGLONG

  • Ika Setiawati, Ana Dwi Muji Utami, Moh. Alqhoswatu Taufik STIT AL Muslihuun Tlogo Blitar
Keywords: Keaktifan, Ekstakurikuler Pramuka Penggalang, Tanggung Jawab, Mandiri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena yang
menunjukkan terjadinya penyimpangan perilaku sosial terutama di kalangan
pelajar yang merupakan calon penerus bangsa yang menyebabkan degradasi
karakter. Pendidikan karakter sangatlah dibutuhkan guna meminimalisir karakter-
karakter negatif dalam diri anak. Salah satu kegiatan yang menerapkan
pendidikan karakter adalah ekstrakurikuler pramuka. Melalui kegiatannya
ekstrakurikuler pramuka berupaya untuk membina karakter peserta didik agar
peserta didik memiliki karakter yang baik dalam dirinya. Berkenaan dengan hal
tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka penggalang
terhadap pembentukan karakter tanggung jawab dan mandiri peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Jingglong.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pengaruh
keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka penggalang terhadap pembentukan
karakter tanggung jawab peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah
Jingglong? 2) Bagaimanakah pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler
pramuka penggalang terhadap pembentukan karakter mandiri peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Jingglong?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti
ekstrakurikuler pramuka penggalang terhadap pembentukan karakter tanggung
jawab peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Jingglong. 2) Untuk
mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka penggalang
terhadap pembentukan karakter mandiri peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al
Hikmah Jingglong.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan
mengumpulkan data-data berupa angka dilapangan dengan teknik observasi,
dokumentasi dan kuesioner (angket). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
teknik analisis korelasional untuk mengetahui hubungan antar dua variabel atau
lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Al Hikmah Jingglong yang berjumlah 37 peserta didik. Untuk analisis
datanya peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas dan analisis regresi linear sederhana

Published
2024-04-22