PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IHYA’ ULUMIDDIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
Abstract
Secara istilah pendidikan Islam berdasarkan kegiatan dan usaha yang dilakukan oleh Rasulullah di zaman beliau adalah, “suatu kegiatan dalam rangka menyampaikan contoh atau teladan, melatih ketrampilan berbuat, memberi motivasi, dan menciptakan situasi lingkungan yang mendukung pelaksanaan ide pembentukan pribadi (karakter) muslim.
Kesuksesan pendidikan karakter dalam pendidikan Islam Kontemporer sangat bergantung pada tingkat pencapaian tiga aspejk pendidikan karakter yaitu, knowing, loving, dan doing/acting yang ditanamkan pada peserta didik.
Dalam Islam banyak dikenal beberapa ulama besar yang mempunyai pemikiran tentang pendidikan akhlak / karakter diantaranya adalah Imam Abu Hamid Al Ghazali. Beliau menyumbangkan pemikirannya tentang pendidikan karakter dalam kita Ihya Ulumiddin dengan beberapa metode sebagai pencerminan ilmu pengetahuan beliau yang sangat mendalam dari berbagai cabang ilmu pengetahuan dan juga pengalaman spiritual beliau.
Implementasi pendidikan karakter yang disuguhkan dalam kitab Ihya Ulumiddin berbeda dengan teori pendidikan karakter secara umum. Imam Al Ghazali lebih pada kajian pendalaman teoritis dengan alasan-alasan yang konkrit sehingga pendalaman pada aspek kwowing dan loving lebih meresap pada pemikiran peserta didik sehingga peserta didik mudah untuk mencapai aspek moral doing/acting-nya.
Adapun yang menajdi fokus studi ini adalah mencari keterangan sedetail-detailnya tentang Konsep Pendidikan Karakteer dalam Ihya Ulumiddin dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer yang penulis jabarkan dalam rumusan masalah sebagai berikut, (1) Bagaimana Pendidikan Karakter yang terdapat dalam Kitab Ihya Ulumiddin (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter sesuai dengan Kitab Ihya Ulumiddin dalam pendidikan Islam Kontemporer.
Dan tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Memahami tentang pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Ihya Ulumiddin (2) Mengetahui implementasi pendidikan karakter sesuai dengan Kitab Ihya Ulumiddin dalam pendidikan Islam kontemporer.
Dari hasil analisis data telah diperoleh informasi bahwa pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Ihya Ulumiddin dilakukan secara bertahap-tahap , pertama adalah pengenalan pada akhlak-akhlak baik, kemudian pengenalan pada akhlak madzmumah serta pencelaan terhadap jenis akhlak tersebut. Dalam tahap ini pengenalan bukan hanya untuk mengetahui apa yang dinamakan akhlak madzmumah, tetapi lebih pada mencari lawan dan solusi untuk merubah akhlak tersebut dan juga riyaadhah (pelatihan) untuk perbaikan menuju akhlak mahmudah.
Dari pengamatan tentang implementasi pendidikan karakter sesuai dengan Kitab Ihya Ulumiddin dalam pendidikan Islam Kontemporer diperoleh beberapa hal untuk penguatan mencapai titik kesempurnaan tiga aspek pendidikan karakter yang telah disebutkan di atas.

